Selasa, 22 Desember 2020

Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Versi Sehatq.Com

Tubuh manusia memang selalu menjadi incaran kuman dan bakteri. Nah, untuk melawan kuman-kuman tersebut tubuh manusia dianugerahi sistem kekebalan tubuh agar terjaga dari bahaya kuman dan bakteri. Banyak sudah artikel kesehatan yang telah membahas bagaimana pentingnya daya tahan tubuh bagi anda. Karena tanpa adanya daya tahan tubuh anda akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

 


Daya tahan tubuh merupakan benteng pertahanan pertama jika terdapat kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Semakin tinggi daya tahan tubuh yang anda miliki, maka semakin kuat juga pertahanan tubuh anda, maka semakin kecil pula resiko anda bisa terinfeksi penyakit. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang maksimal tentu anda harus meningkatkannya. Berikut SehatQ merangkum beberapa cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh:


1.    Daun meniran
Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menyatakan jika daun meniran mengandung banyak zat antiradang dan antioksidan. Selain itu tanaman herbal ini juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah pertumbuhan sel tumor, mengurangi peradangan serta memelihara kesehatan organ hati.


2.    Jahe
Sejak dahulu jahe memang memiliki segudang manfaat yang menyehatkan tubuh. Manfaat yang terkandung dalam jahe diantaranya seperti antiradang, antibakteri dan antioksidan. Karena memiliki beberapa sifat tersebut, jahe dipercaya mampu mencegah infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mendapaatkan manfaat jahe, anda bisa mengonsumsinya secara langsung dengan dibuat wedang. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi jahe yang telah diolah menjadi serbuk atau produk herbal yang telah diekstrak menggunakan jahe.


3.    Gingseng
Tanaman gingseng mengandung senyawa aktif yang disebut dengan ginsenoside. Senyawa ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, Mulai dari mengatasi rasa lelah, menjaga daya tahan tubuh, bahkan dapat menurunkan resiko anda terkena penyakit kanker dan serangan jantung. Selain dibuat menjadi serbuk minuman herbal, anda juga bisa mengonsumsi gingseng dengan cara dimasak bersama campuran sayuran hijau lainnya.


4.    Buah sitrus
Buah sitrus adalah golongan buah-buahan yang umumnya mengandung banyak vitamin C. Diantaranya seperti  jeruk, lmau, lemon, jeruk bali merah dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah-buahan ini bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas fagosit. Yakni dimana sel-sel tubuh akan menelan dan mencerna bakteri di dalam darah. Selain buah-buahan anda juga dapat memperoleh vitamin C melalui makanan lainnya. Mulai dari brokoli, papaya, stroberi, mangga dan kiwi. Rekomendasi asupan vitamin harian yang dibutuhkan pada umumnya sebanyak 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita.


5.    Mengurangi konsumsi gula
Tahukah anda jika mengonsumsi gula sebanyak 10 sendok teh dapat menonaktifkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri? Rekomendasi dari SehatQ pilihlah pemanis alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari juga makanan yang mengandung pemanis buatan seperti susu kental manis, gula pasir, hingga minuman bersoda. Adapun batasan gula yang boleh dikonsumsi setiap harinya yakni sebanyak 36 mg atau setara dengan 9 sendok teh untuk pria dan 24 mg setara dengan 6 sendok teh untuk wanita perhari.


Sudah semakin jelas bukan apa saja artikel kesehatan tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami? Jangan lupa selalu imbangi dengan olahraga rutin, istirahat yang cukup serta pola hidup sehat. Jika perlu anda juga dapat mengonsumsi suplemen agar stamina dan kesehatan selalu terjaga.

Disqus Comments